Jalan Lempang untuk Si Nyonya Tua

Nyonya Tua – Sejujurnya saya tak tahu harus senang atau kesal dengan hasil undian Juventus di babak 16 besar Liga Champion. Rasa itu bercampur sekaligus. Saya ingin Juve mendapat ujian yang berat dengan lawan level atas, tapi di sisi lain saya juga ingin Juve mendapat lawan yang mudah agar kita tak tersingkir dini.

Dan melihat hasil undian tempo hari, Juve jelas mendapat lawan yang mudah. Okelah, mungkin bukan mudah karena tak ada yang mudah di Liga Champion. Kita katakan sajalah relatif mudah.

Olympique Lyon jelas bukan skenario terburuk untuk Juve di babak 16 besar. Skema undian mempertemukan tim juara grup dengan runner up, dengan catatan berasal dari negara yang berbeda. Tim dari grup yang sama juga tak mungkin bertemu di babak 16 besar.

Baca Juga:   Juventus Kejar Harry Kane Musim Panas Mendatang?

Dengan skema itu, calon lawan Juve di babak 16 besar Liga Champion sebenarnya punya beberapa profil besar. Sebut saja Real Madrid, Chelsea, Tottenham, hingga Borussia Dortmund.

Saya tak ingin menyepelekan Lyon, tapi jelas klub-klub di atas berada di atas level klub asal Prancis ini.

Namun undian telak dilaksanakan. Dan Juve bertemu dengan Lyon.

Undian Babak 16 Besar Liga Champion 2019. Juve bertemu dengan Olympique Lyon.

Undian Babak 16 Besar Liga Champion 2019. Juve bertemu dengan Olympique Lyon.

Di atas kertas, kualitas Juve tentu jauh di atas klub Prancis ini. Secara lini per lini Juve jelas lebih baik. Tapi ini bisa keuntungan sekaligus bumerang bagi Si Nyonya Tua.

Musim lalu kita tersingkir dari Ajax, tim yang secara kualitas lini per lini berada di bawah Juventus. Tapi kualitas di atas kertas kadang menjadi tak berarti ketika kedua tim berada di dalam lapangan. Selain kualitas pemain, hasil pertandingan juga akan ditentukan dari determinasi, hasrat meraih kemenangan, hingga hal-hal di luar teknis seperti keberuntungan.

Baca Juga:   Ini Pernyataan Resmi Terkait Juventus Vs Lyon Leg II Liga Champion

Baca juga:

“Kami Ingin Juara Liga Champion”

Alibi Tuan Sarri atas Kekalahan Juventus

Sejujurnya saya ingin melihat Juve mendapat ujian dari tim yang lebih kuat dari Lyon. Real Madrid mungkin. Atau Tottenham. Atau setidaknya Chelsea.

Kenapa tim ini? Karena saya ingin melihat Juve yang ganas. Juve yang mengalahkan tim-tim terbaik Eropa. Juve yang ditakuti oleh tim-tim terbaik di Benua Biru.

Tapi bukankah risikonya sangat besar, kita bisa saja tersingkir dini dari Liga Champion? Ya benar memang. Tapi itu risiko yang sepadan. Lagi pula, kita tak mungkin mengharapkan juara Liga Champion tanpa mengalahkan tim terbaik di Eropa, bukan?

Nah, semakin awal kita menghadapi tim ini akan semakin baik. Jika kalah itu berarti kita memang belum pantas meraih Si Kuping Lebar. Tapi jika menang dan pada akhirnya melaju hingga ke final, kita telah membuktikan diri bahwa kita memang pantas menjadi tim terbaik di benua Biru.

Baca Juga:   Sultan Bebas, Ronaldo Beli Pulau untuk Isolasi Diri dari Corona?

Tapi bagaimana pun, undian tetap telah dilaksanakan. Dari semua lawan yang mungkin kita hadapi di babak 16 besar, hasil undian memberikan Si Nyonya Tua cukup banyak keberuntungan.

Lyon seharusnya adalah jalan lempang bagi Juve untuk menuju babak perempat final.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *