Corona Meluas, Serie A Dibubarkan Sementara. Bagaimana Nasib Juve?

sinyonyatua.com – Wabah corona semakin meluas di Italia. Kasus positif di seluruh negeri itu sudah melebihi 9 ribu orang sementara jumlah korban meninggal sudah mencapai 463 orang. Ini merupakan kasus corona tertinggi di luar China.

Pemerintah Italia saat ini telah melakukan isolasi terhadap sejumlah wilayah di Italia. Semua kegiatan keramaian dihentikan sementara, termasuk event olahraga.

Kebijakan ini berpengaruh langsung terhadap Liga Italia. Seluruh pertandingan Liga Italia mulai Serie A hingga ke bawahnya tak boleh diselenggarakan untuk sementara waktu.

Pembatasan ini dilakukan setidaknya hingga 4 April mendatang, tergantung perkembangan penyebaran virus ini nantinya. Jika pemerintah berhasil mengatasi penyebarah wabah coron, liga akan dilanjutkan setelah April.

Baca Juga:   Kabar Terbaru Perpanjangan Kontrak Dybala

Namun jika tidak, kebijakan lain mungkin akan dilakukan.

Lantas bagaimana nasib-nasib klub yang bertanding di Serie A, termasuk Juventus yang saat ini menjadi pemimpin klasemen sementara?

Sejauh ini belum ada kepastian tentang nasib klub-klub Serie A. Otoritas liga masih menunggu hingga 3 April sebelum membuat keputusan. Namun beberapa skema sudah dipersiapkan.

Skema pertama, tidak ada juara Serie A musim ini. Liga akan dihentikan dengan sepenuhnya. Lima klub teratas akan mendapat jatah tampil di Eropa.

Jika skema ini dilakukan, tak ada klub degradasi musim ini. Namun klub dari Serie B tetap mendapat jatah promosi. dengan demikian, Serie A musim depan akan diikuti oleh 22 tim sekaligus.

Baca Juga:   Juve Vs Inter; Ronaldo di Ambang Rekor Bersejarah Liga Italia

Skema kedua, jika pun dilanjutkan, pertandingan Serie A nanti akan berlangsung selama dua sampai tiga hari sekali. Ini membuat jadwal pertandingan sangat padat. Apalagi Juventus, Atalanta, Inter Milan, dan AS Roma masih bermain di kompetisi Eropa.

Itu bahkan belum termasuk Copa Italia di mana Juve, AC Milan, Inter, dan Napoli masih memperebutkan dua tiket ke babak final.

Namun demikian, kebijakan ini tampaknya tak akan mempengaruhi jadwal Liga Champion. Juve Vs Lyon tetap akan dilansungkan tanpa kehadiran penonton.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *